-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Lancar Dan Sukses, Bupati Jember Dukung Lelang Produk UMKM Jember

Jember. Perdana, Lelang Produk UMKM  Jember 2022  berjalan lancar dan semua produk laku terjual. Lelang sukarela  di aula Gaharu Botani Sukorambi  ini  mendapat dukungan dan apresiasi dari Bupati Jember, H. Hendy Siswanto, ST, IPU, Minggu (20/2/2022).

"Dengan adanya lelang perdana produk UMKM ini, saya ucapkan terimakasih dan bangga terhadap yang menginisiasi ini, Nurul Ihksan dan Mas Febri ( Febri Ananta Kahar, owner Botani Jember) yang memfasilitasi ini. Ini luar biasa sekali." Terang Bupati Jember.

Lebih lanjut, Kearifan lokal itu harus seperti ini. Bahwa Ini produk lokal kita, kalau di jual biasa saja tanpa ada lelang begini, minat itu masih menimbang- nimbang padahal produk kita tidak kalah.
"Contohnya tadi coklat, kita punya   puslit koka , jagonya se Indonesia cuma di Jember. Kenapa kita beli di tempat lain, kenapa tidak di kita sendiri. Justru dengan  lelang seperti ini membangkitkan gairah kita." Paparnya.

Pada lelang  ini , semua produk laku . Menurut Bupati, bukan karena ingin memaksa untuk beli tapi karena  produknya memang bagus. "Target dari 23, 24 juta yang terjadi  transaksi sekarang  dengan adanya lelang ini sampai 46 juta, dua kali lipat." Paparnya.

Dari lelang ini, bupati meminta bantuan  pada inisiator ( Nurul Ikhsan dan Febri) untuk kegiatan lelang UMKM ini diadakan secara rutin, di setiap acara kegiatan rutin, di acara  nasional, menjelang  romadhan, idul fitri, seluruh produk apapun bukan hanya kopi, batik ,coklat saja tapi ada produk lain sehingga kita bergairah.
"Kami siap mensupport dan mengundang  semua instansi, OPD. Kita ramaikan, cintai produk kita sendiri. Nanti kita kritisi produk kita sendiri, saling membeli, menjual,  otomatis yang terjdi adalah efisiensi,  terjadi harga yang kompetitif sehingga orang lain akan masuk ke Jember untuk membeli produk kita." Imbuhnya.

Pada kesempatan ini, bupati meminta pada semua UMKM untuk terus memacu dan memicu produk kita lebih bagus,lebih murah dan kami dari Pemkab Jember, Dinas Koperasi dan PTSP siap memberi ijin dan mendukung sehingga produk kita punya legalitas formal yang dibutuhkan dalam proses lelang, menggaransi produk, aman dan sesuai kriteria yang ada." Imbuhnya.

Selain itu, Pemkab Jember akan membuat E Katalog Jember. Di tempat yang sama  Nurul Ikhsan, ST,  Direktor PT. Solusindo Sinergy Lelang menyampaikan bahwa  Balai lelang ini  berdiri tahun 2018 dan tahun 2019, 2020 sulit bergerak karena pandemi covid 19. "Karena pandemi, kita fokuskan untuk lelang UMKM dan syukur  Alhamdulillah , Lelang Solusi ini yang perdana." Ujarnya.

Disampaikan juga, Lelang UMKM ini adalah yang pertama untuk gerakan membeli produk lokal. Kedua, pemulihan ekonomi nasional. "Alhamdulillah, lelang ini sukses, semua terjual, 23 juta nilai limit barang menjadi 46 juta. Ini jadi dua kalinya.  Kalau harga 600 ribu ya sudah laku 600 ribu tapi kalau lelang, nilainya naik terus kemungkinan bisa dua kali lipat dari harga awal." Ungkapnya.

Kedepannya, pihaknya secara periodik akan melakukan  kegiatan lelang UMKM.
Lelang UMKM , kata Nurul Ikhsan, beda dengan lelang tanggungan. Lelang tanggungan dengan Bank atau BUMN, lelang sukarela bisa pihak swasta pelaku usaha yang punya produk, itu yang bisa melakukan permohonan lelang  pada kami seperti pelaku UMKM yang  memilliki produk kreatif yang bisa kami angkat untuk dijadikan lelang."Selain ada  periodik untuk lelang  juga ada take option atau digital lelang. Rencana juga  ada hybrid, yaitu peserta bisa langsung datang atau bisa zoom atau daring." Pungkasnya. ( herry ).

0 Response to "Lancar Dan Sukses, Bupati Jember Dukung Lelang Produk UMKM Jember"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel