-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Raih 2022 Global Impact Award, CEO PT.RMU Perteguh Komitmen Untuk Turut Atasi Perubahan Iklim

Kotim, lintasone.com - Chief Executive Officer (CEO) PT.Rimba Makmur Utama (RMU) Dharsono Hartono meraih anugerah 2022 Global Impact Award dari YPO (Young Presidents Organisation) yang diumumkannya pada 17 Mei 2022.

YPO adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 30.000 Chief Executive di 142 negara, Global Impact Award ini merupakan penghargaan tertinggi bagi anggota YPO yang dinilai memberikan dampak yang berkelanjutan dan terukur bagi masyarakat serta para pemangku kepentingannya.

Sebagai perusahaan yang berkontribusi pada penurunan emisi karbon melalui solusi berbasis alam (Nature Based Solution Enterprise) RMU mulai mengelola Katingan Mentaya Project (KMP), sebuah pendekatan usaha restorasi dan konservasi ekosistem hutan lahan gambut seluas 157,875 hektar di Kalimantan Tengah melalui Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH).

RMU bekerja sama dengan masyarakat dan unsur pemerintah desa di 35 desa sekitar wilayah konsesi dengan menciptakan mata pencaharian alternatif yang berkelanjutan bagi masyarakat lokal, meningkatkan perekonomian serta melakukan kegiatan edukasi dan peningkatan kapasitas di berbagai bidang, seperti cara bertani tanpa bakar dan tanpa bahan kimia, edukasi mengenai kesehatan dan kebersihan, nutrisi, kewirausahaan serta berkontribusi bagi pencapaian 12 tujuan UN SDGs.

Katingan Mentaya Project (KMP) merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya, yakni sebesar kurang lebih 7.5 juta ton CO2 pertahun selama 60 tahun masa konsesi atau setara dengan menghilangkan emisi yang dikeluarkan oleh 2 juta mobil pertahun.

CEO YPO Xavier Mufraggi mengatakan, yang dilakukan oleh RMU dibawah kepemimpinan Dharsono patut menjadi inspirasi bagi semua anggota YPO.

"Bukan saja menciptakan dampak positif bagi lingkungan, mereka juga berupaya mencari dan membangun solusi jangka panjang untuk masyarakat setempat, serta berupaya membangun pemimpin dan wirausaha-wirausaha baru", ucap Xavier.

Sementara itu, CEO RMU Dharsono Hartono mengatakan menerima 2022 Global Impact Award ini adalah sebuah kehormatan.

"Saat saya bersama mitra bisnis saya Rezal Kusumaatmadja mendirikan RMU pada tahun 2007, kami punya mimpi besar untuk membangun bisnis yang agenda utamanya adalah menjaga planet kita dan ekosistem di dalamnya", kata Dharsono.

Saat itu konsep 'Nature Based Solution Enterprise' relatif masih asing di Indonesia, dan itu membuat jalan RMU tidak mudah.

"Saya bersyukur setelah 15 tahun kemudian program-program kami di KMP telah membawa RMU semakin dekat ke tujuan besarnya, yakni mendukung pemerintah untuk menciptakan Indonesia dan dunia yang berkelanjutan, melalui upaya untuk menanggulangi perubahan iklim melalui kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lain", imbuh Dharsono.

Ia sangat berterima kasih kepada pemerintah Indonesia, utamanya KLHK yang telah mengizinkan dan mendukung RMU untuk mengelola PBPH restorasi ekosistem melalui Katingan Mentaya Project, sehingga secara nyata bisa berkontribusi untuk menciptakan perubahan.

"KMP merupakan bukti bahwa Nature Based Solution Enterprise dapat mendukung pemerintah untuk memerangi perubahan iklim melalui tindakan nyata yang bermanfaat bagi restorasi dan keberlanjutan ekosistem, iklim, masyarakat dan biodiversitas yang saling mempengaruhi", jelas Dharsono.

"Perjalanan kami masih panjang kami tidak dapat melakukannya sendiri, penghargaan ini merupakan penyemangat besar yang semakin memperteguh komitmen kami untuk mengatasi perubahan iklim, dan penghargaan ini juga kami dedikasikan kepada semua pihak hingga kami sampai dititik ini, yakni seluruh karyawan RMU, mitra dan keluarga kami, pemerintah Indonesia yang telah mendukung kami dan masyarakat yang telah bekerjasama dengan kami untuk menyelamatkan hutan dan meningkatkan perekonomian dan kapasitas masyarakat desa", tandas Dharsono.
(Tomi).

0 Response to "Raih 2022 Global Impact Award, CEO PT.RMU Perteguh Komitmen Untuk Turut Atasi Perubahan Iklim"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel