-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Bupati dan Kapolres Lumajang Sidak Pengecer Pupuk Subsidi

Lumajang,  www.lintasone.com - Sidak terhadap pengecer dan distributor pupuk subsidi di wilayah Kecamatan Yosowilangun yang dilakukan Bupati dan Kapolres Lumajang yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 3 Pebruari 2023, dinilai sebagai langkah solutif dalam mengurangi benang kusut distribusi pupuk subsidi.

Dalam Sidak yang dilakukan Bupati mengajak dinas pertanian dan ketahanan pangan sementara Kapolres juga membawa jajaran Reskrim. Sidak diawali dari sampling pada petani untuk mengetahui keluhan secara langsung, dalam penjelasan nya Bupati meminta jajaran yang bergerak di distribusi pupuk untuk memberikan trasparansi kepada petani, sehingga petani dan kelompok tani paham terhadap hak dan kewajibannya dalam memperoleh pupuk subsidi.
Disisi lain perlunya di tekankan agar dokumen penyaluran pupuk ke petani juga diberikan baik berupa nota, berita acara serah terima pupuk ke kelompok tani, sehingga semua terbuka jelas tanpa ada yang ditutupi

Iskhak Subagio, SE selaku ketua DPC HKTI Lumajang siap mendukung langkah tersebut, dalam kesempatan ini kami juga menghimbau ada sinergi yang baik antara Produsen Pupuk, Distributor dan Pengecer untuk tujuan bersama yaitu mendistribusikan pupuk sesuai prinsip 6 (enam) tepat.

Data penerima pupuk subsidi harus di pasang dan bisa dilihat dengan mudah oleh petani. Kordinasi dengan kelompok tani mutlak dilakukan oleh pengecer untuk menginformasikan segala hal tentang pupuk subsidi.

Ia berharap Sidak ini setidak-tidaknya memberikan efek yang kuat bahwa pupuk adalah barang dalam pengawasan yang tidak bisa disalurkan bebas sebebasnya, namun saya berharap kepada dinas Koperasi, perindustrian dan Perdagangan seharusnya menjadi leading dalam pengawasan pupuk subsidi sesuai amanan peraturan menteri perdagangan nomer 15 tahun 2013 tentang penyaluran pupuk subsidi, penilaian dan evaluasi berkala terhadap pengecer dan distributor mutlak dilakukan sebagai upaya meminimalisir kecurangan pupuk subsidi.

Dia menambahkan agar kedepan bisa diupayakan agar data penyaluran dari produsen ke distributor juga penyaluran distributor ke pengecer dapat diakses secara real time, sehingga informasi yang terbuka tersebut bisa mencegah permainan oleh oknum-oknum yang mau memperkaya diri sendiri.

Reporter : Atman

0 Response to "Bupati dan Kapolres Lumajang Sidak Pengecer Pupuk Subsidi"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel