-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

FT Unissula Perkuat Agenda Internasional Bagi Mahasiswa

(6) Teknik

Semarang, lintasone.com - Fakultas Teknik (FT) Unissula memperkuat agenda agenda internasional bagi mahasiswanya. Hal itu diungkapkan oleh Wakil dekan I Fakultas Teknik Dr Abdul Rochim ST MT (6/3/2023). Agenda internasional terbaru di FT Unissula yakni program RMI Week 2023. RMI yakni City Resilient, Disaster Mitigation, and Infrastructure yang dilaksanakan (21-24/2/2023).

Internasional short course tersebut diikuti 74 mahasiswa dari berbagai negara, antara lain Filipina, Malaysia, Bangladesh, Kazakhstan, Vietnam, Indonesia, dan Kirgistan. Para narasumber antara lain Dr Mila Karmila ST MT, Andreas Erdian Wijaya ST MT, Prof Flooris Boogaard, Hartoyo dari P5L (Paguyuban Pemberdayaan Pompanisasi dan Pengelolaan Lingkungan Panggung Lor). Narasumber lainnya Prof Dr Imam Wahyudi DEA, Assoc Prof Dr Kamarudin bin Ahmad, Dr Rutger de Graaf, dan van Dinther.

Para peserta ditantang untuk menyajikan solusi atas permasalahan infrastruktur, mitigasi bencana, guna mewujudkan kota yang Tangguh.  Dalam kesempatan tersebut dibahas banyak kasus antara lain kasus yang sedang dihadapi oleh penduduk di Timbulsloko.

Mereka mengalami kondisi dimana air laut sudah mulai naik dan nyaris merendam rumah mereka. Kondisi ini menyebabkan masalah kesehatan, sanitasi, transportasi, erosi, dan lain sebagainya. Sebagai solusi atas masalah tersebut, para mahasiswa peserta kegiatan RMI Week 2023 mengajukan beberapa usulan, seperti penanaman mangrove, pembangunan rumah apung, reklamasi, pembangunan struktur breakwater, relokasi, dan lain sebagainya.

Program RMI Week 2023 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya yang tinggal di area pesisir, dengan semua solusi yang diterapkan diharapkan memberikan manfaat bagi penduduk, khususnya masyarakat Timbulsloko, dan membuka kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "FT Unissula Perkuat Agenda Internasional Bagi Mahasiswa"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Memperingati HUT RI Ke -78

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua Beserta Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1445H/2023

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel