-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Kapolres Lumajang Hadiri Gelaran Tengger Festival di Amphitheater Desa Ranupani

Lumajang, www.lintasone.com - Kapolres Lumajang AKBP Dr. Boy Jeckson Situmorang, S.H, S.I.K., M.M., menghadiri gelaran Tengger Festival Tahun 2023 di Amphitheater Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Sabtu (19/8/2023)

Ribuan masyarakat tanpa menyaksikan 
event Tengger Festival. Mereka tidak hanya dari wilayah Kabupaten Lumajang saja, melainkan banyak yang datang dari luar daerah, bahkan turis mancanegara.

Tengger Festival mengambil tema "The Living Museum Of Tengger", disesuaikan dengan siklus kehidupan masyarakat Tengger, momen-momen keseharian, ritual adat dan tradisi tetap kuat mengakar dan dapat dilihat, ditemui kapanpun dan siapapun yang berkunjung ke Ranupani.
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang hadir dalam event tersebut menyampaikan, bahwa Tengger Festival bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya suku Tengger yang ada di lereng Gunung Semeru.

Oleh karena itu, gelaran tersebut diharapkan bisa menjadi pendorong tumbuhnya atraksi kearifan lokal, usaha produk unggulan lokal dan usaha ekonomi kreatif. Dengan begitu, potensi yang ada di Desa Ranupani dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik daerah maupun luar daerah, bahkan mancanegara.

"Tengger Festival ini untuk mempromosikan keunikan dan ciri khas adat budaya suku Tengger yang menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Lumajang," ujar dia.

Menurutnya, Tengger Festival itu sendiri merupakan salah satu event Pemerintah Kabupaten Lumajang yang dirangkaikan dengan kegiatan Hari Raya Karo yang dilaksanakan oleh masyarakat dan Pemerintah Desa Ranupani.

Dalam event tersebut, terdapat berbagai macam kesenian khas Suku Tengger yang ditampilkan, mulai dari kesenian Bantengan, Jaran Kepang, Tari Bedoyo, serta ditutup dengan Tari Wayang Topeng Tengger dan Atraksi Tradisi Ujung Tengger.

Sebagai informasi, event Tengger Festival dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 18 - 19 Agustus 2023 yang digelar di dua tempat yakni di Gedung Tourism Information Center dan Amphitheater Desa Ranupani Kecamatan Senduro.

Reporter : Atman.

0 Response to "Kapolres Lumajang Hadiri Gelaran Tengger Festival di Amphitheater Desa Ranupani"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel