-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Dosen FTI Unissula Laksanakan Pengabdian Masyarakat

WhatsApp Image 2023-10-28 at 10.16.11

Semarang, lintasone.com - Salah satu kewajiban Tridarma Perguruan Tinggi dosen adalah melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu bentuk elemen kontribusi dosen untuk negeri.

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Industri Unissula Semarang yang diketuai Ir. Budi Pramono Jati MM., yang beranggotakan Dedi Nugroho, ST.MT dan Ir. Ida Widihastuti, MT pada semester ini dalam rangka penerapan keilmuannya melaksanakan pengabdian masyarakat di Masjid At-Taqwa Srondol Bumi Indah Semarang 23 Oktober 2023 dengan pendanaan dari swadaya masyarakat.

Budi Pramono Jati mengatakan, pengabdian ini mengusung tema atau tujuan utama dari kegiatan ini adalah Peningkatan Literasi Sistem Audio Melalui Revitalisasi, Pembenahan dan Optimisasi Audio untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada jamaah masjid. Masjid At Taqwa merupakan salah satu masjid yang ada di Banyumanik Semarang Selatan sebagai mitra dalam program pengabdian masyarakat. Ketua takmir adalah Bapak H. S Joko Purnomo meminta bantuan kepada team FTI Unissula sebagai tenaga ahli dalam pembenahan system audio masjid At Taqwa.

Permasalahan yang dialami mitra diantaranya: berawal dari kualitas suara yang tidak bagus, coverage suara yang tidak rata, banyak peralatan yang rusak, banyak peralatan yang sudah tua, perlunya peremajaan peralatan, perlunya peningkatan pengetahuan takmir / marbot dalam operasi dan maintenance dalam bidang audio sistem.
Berdasarkan permasalahan tersebut dan setelah berdiskusi Tim Pengabdian Masyarakat bersama mitra team membuat rencana dan melakukan revitalisasi, pembenahan dan optimisasi audio diawali melakukan simulasi computer, membuat desain & membuatkan diagram dan jalur kabel agar mendapatkan hasil yang paling optimum.

Kegiatan dilanjutkan antara lain dengan: merepair beberapa peralatan yang rusak (amplifier), menambah peralatan baru (mixer, compressor, mic wireless, speaker outdoor), mengganti peralatan yang sudah tidak optimal, mengganti semua speaker lama, penataan kembali letak tata letak speaker, membuatkan simulasi, membuatkan diagram dan jalur kabel, membuatkan RAB, membantu dalam pengadan peralatan, memasang dan mengoptimalisasi sistem, diakhiri dengan memberikan pelatihan tentang operasi maintenance dan seting peralatan, membuatkan resume proses pembenahan.

Hasil dari Program Pengabdian Masyarakat ini berupa Revitalisasi, Pembenahan dan Optimisasi Audio masjid dengan konfigurasi dan peralatan baru yang lebih fit / sehat sesuai dengan rencana dan telah dilakukan optimisasi dan pengecekan ulang. Diharapkan dengan adanya hasil dari program pengabdian ini kualitas audionya dapat lebih baik dan nyaman untuk pelayanan harian kepada jamaah dalam melaksanakan kegiatan ibadah dan kajian-kajian dalam masjid At Taqwa perumahan Srondol Bumi Indah Banyumanik

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "Dosen FTI Unissula Laksanakan Pengabdian Masyarakat"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel