-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Bawaslu Kabupaten Lumajang Gelar Apel Kesiapan Pemilu 2024

Lumajang, lintasone.com - Dengan tinggal menghitung hari menuju pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada tanggal 14 Februari, Bawaslu Kabupaten Lumajang telah mengambil langkah strategis dengan menggelar Apel Kesiapan Menjelang Masa Tenang.

Acara tersebut berlangsung di Lapangan Buper Glagah Arum Kecamatan Senduro, Sabtu (10/2/2024) kemarin, dihadiri oleh sejumlah pengawas pemilu.

“Masa ini merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan Pemilu yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa termasuk didalamnya Bawaslu dan peserta Pemilu,” ungkap Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) dan Diklat Bawaslu Kabupaten Lumajang, Radhete Firdiansyah, yang bertindak sebagai Pembina Apel.

Firdiansyah menyoroti potensi pelanggaran yang kerap muncul selama masa tenang, seperti praktik kecurangan, politik uang, propaganda isu SARA, hingga penyebaran berita bohong. Bahkan, tak jarang terjadi benturan kekerasan antar massa pendukung peserta Pemilu.

Di samping itu, masalah klasik lainnya yang sering dihadapi dalam setiap Pemilu adalah penggunaan segala cara untuk memenangkan kontestasi politik, termasuk keterlibatan uang dalam jumlah besar yang berpotensi mempengaruhi pilihan masyarakat.

Oleh karena itu, Firdiansyah mengajak seluruh pengawas pemilu untuk meningkatkan pengetahuan mereka dengan menggunakan Indeks Kerawanan Pemilu 2024 dan mempelajari karakteristik sosial masyarakat setempat.

“Penting bagi Pengawas Pemilu untuk mengenali dan memahami karakteristik serta kecenderungan perilaku sosial kemasyarakatan di wilayahnya,” ungkapnya.

Melalui Apel Siaga Pengawasan Pemilu, Firdiansyah memberikan pesan kepada seluruh pengawas untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan baik, penuh tanggung jawab, dan berkeadilan.

“Pasang mata dan telinga serta responsif terhadap adanya laporan dugaan pelanggaran Pemilu yang disampaikan masyarakat maupun peserta Pemilu,” pesan dia.

Dengan langkah-langkah proaktif tersebut, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang dapat berjalan dengan lancar dan adil, tanpa gejolak yang mengganggu proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Reporter : Atman.

0 Response to "Bawaslu Kabupaten Lumajang Gelar Apel Kesiapan Pemilu 2024"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel