-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Nilai Perjuangan Disebuah Lembaga Sangatlah Penting, Baca Kelanjutannya

DSC09617

Semarang, lintasone.com - Nilai-nilai perjuangan yang ada pada sebuah lembaga atau organisasi sangatlah penting. Sebuah nilai harus menjadi kebiasaan dan perilaku.  Nilai-nilai perjuangan merupakan kumpulan nilai yang menjadi dasar maupun pijakan dalam membentuk sistem, proses, kebijakan, serta strategi dalam menjalankan organisasi.

Nilai nilai perjuangan merupakan sebuah nilai yang dapat dijadikan sebagai tujuan bersama, dan merupakan kepercayaan yang ditanamkan dalam tatanan organisasi yang dapat menembus batas objek, manusia serta situasi.

Menurut Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH bahwa kampus Unissula memiliki sembilan nilai perjuangan. “Pertama, bermanfaat di Unissula. Kedua, berbuat kebaikan di Unissula. Ketiga, mencegah kemungkaran di Unissula. Keempat, melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Kelima, jujur di Unissula. Keenam, melaksanakan birrul walidain dan takrimul aulad di Unissula. Ketujuh, kesejahteraan di Unissula. Kedelapan, keadilan di Unissula. Kesembilan, mengintegrasikan antara sains modern dan keilmuan Islam,” ungkapnya (31/3/2024).

Bermanfaat berasal dari kata manfaat yang artinya guna; faedah. Artinya setiap orang yang bekerja di Unissula mendayagunakan segenap kemampuan yang dimilikinya agar dapat menjadi diri yang berguna, berfaedah dan berkontribusi besar bagi Unissula.

Berbuat kebaikan artinya bekerja dengan mengedepankan kasih sayang serta peduli kepada sesama dan lingkungan.

Mencegah kemunkaran artinya menekankan pentingnya menghindari dan mencegah perbuatan buruk untuk menjaga integritas moral dan kebaikan. Mencegah kemunkaran melibatkan tanggung jawab setiap muslim untuk berperan dalam mencegah penyebaran perilaku yang bertentangan dengan ajaran agama. Mencegah kemunkaran bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan kewenangan, lisan, dan hati.

Melaksanakan sholat berjamaah di kampus Unissula. Artinya melaksanakan sholat secara berjamaah di masjid kampus Abubakar Assegaf saat bekerja di kampus khususnya sholat Dhuhur dan sholat Asar.

Jujur artinya benar, nyata, atau berkata benar. Jujur bermakana: kesesuaian antara ucapan dan perbuatan;kesesuaian antara informasi dan kenyataan; ketegasan dan kemantapan hati; dan sesuatu yang baik yang tidak dicampuri kedustaan.

Melaksanakan birrul walidain artinya berbakti kepada kedua orang tuanya dan takrimul aulad artinya memuliakan putra putrinya.  Ketika di kampus dosen dan karyawan memposisikan dirinya sebagai orang tua bagi para mahasiswa dengan mendidik dan memperlakukan mereka dengan ahlaq yang mulia. Sementara itu mahasiswa harus menghormati para dosen dan karyawan karena dosen dan karyawan adalah orang tua mereka ketika belajar di kampus.

Sejahtera artinya aman sentosa dan makmur. Sementara itu kesejahteraan adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa hidupnya aman sentosa dan makmur.

Adil artinya berpihak kepada yang benar; berpegang pada kebenaran; dan tidak sewenang-wenang.

Mengintegrasikan antara sains modern dan keilmuan Islam artinya proses pendidikan di Unissula mengkombinasikan ilmu pengetahuan dan teknologi modern dan nilai nilai keislaman.(Tik).

 

0 Response to "Nilai Perjuangan Disebuah Lembaga Sangatlah Penting, Baca Kelanjutannya"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel