-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

DPMD Pemprov Jawa Timur Resmikan Bumdesa Wisata Goa Jalmo dan Perlihatkan Caffe Layang

Pasuruan, lintasone.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Rabu (26/05) laksanakan Lounching Produk Wisata Coban Goa Jalmo dan Peresmian Bumdes wisata yang bertempat di  Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Dalam acara tersebut di hadiri, Muspika Kecamatan Purwosari, Camat, Koramil Polsek, Perwakilan PT. H.M Sampoerna, DPMD Provinsi Jawa Timur, DPMD Desa Cendono, Kepala Desa Cendono bersama Perangkat Desa, Ketua Bumdes Bersama anggota dan masyarakat Desa.
Dalam kegiatan lounching, di buka dengan  menyayikan lagu kebangsaan Indonesia raya, di lanjut dengan sambutan kepala Desa Cendono, Adapun Kepala Desa Cendono Sanari mengapresiasi bantuan pendampingan dari Pemprov Jatim dan Klinik BUMDesa. "Semoga menjadi kemanfaatan kepada masyarakat desa kami," tuturnya.

Untuk selanjutnya, Kasi Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa DPMD Jawa Timur Lianto mengatakan, di Jawa Timur sudah terdapat 267 BUMDesa yang bisa dimaksimalkan potensinya. Melalui pendampingan-pendampingan yang dilakukan pemprov dan beberapa elemen.

"Harapannya nanti desa-desa yang memiliki unit usaha desa wisata akan bisa memaksimalkan pengelolaan wisata desanya melalui pendampingan manajerial, sop, dan branding," Ujar Lianto, usai peresmian.

Di Kabupaten Pasuruan ini terdapat 12 BUMDesa yang mengelola wisata desa. Salah satunya adalah BUMDesa Cendono Barokah.

"Kami berharap Unit usaha wisata yang sudah sangat berpotensi ini bisa di kembangkan dan bisa mengungkit perekonomian desa," jelasnya.

Terpisah, tim Klinik BUMDesa Jawa Timur Nova Hariyanto sa'at memberi sambutan mengungkapkan, terdapat empat BUMDesa di Jawa Timur yang didampingi tahun 2021. Di antaranya di Kabupaten Tulungagung, Pasuruan, Bondowoso, dan Lumajang. 
"Di Pasuruan, ada di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, selama 5 bulan ini kami dampingi, dan di akhir pendampingan kami resmikan salah satunya cafe layang," beber Nova.

Pendampingan dari Klinik BUMDesa termasuk pendampingan manajerial, pendampingan optimalisasi sosial media dan branding, serta pelatihan keuangan.

"Dan yang terakhir, penyusunan SOP penyelenggara wisata, karena ini krusial dan substansial untuk penyelenggara wisata, sehingga penyelenggaraan wisata bisa profesional," tandasnya.(ziz).

0 Response to "DPMD Pemprov Jawa Timur Resmikan Bumdesa Wisata Goa Jalmo dan Perlihatkan Caffe Layang"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel