-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Dosen Teknik Industri Unissula Ajak Pelaku IKM Agroindustri di Kabupaten Demak Untuk Membangun Sentra Unggulan Produk Hasil Laut


Demak, lintasone.com - Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah merupakan sebuah kabupaten yang mempunyai potensi perikanan yang sangat melimpah baik perikanan laut maupun perikanan darat. Namun potensi ini belum mampu berkontribusi terhadap pengembangan perekonomian masyarakat di sepanjang wilayah pesisir Kabupaten Demak.

Kegiatan pengolahan hasil perikanan laut (agroindustri) yang dilaksanakan oleh masyarakat nelayan di Kabupaten Demak, pada umumnya merupakan jenis usaha perikanan rakyat dan berskala rumah tangga dengan teknologi tradisional.

Produk yang biasa dihasilkan oleh IKM, seperti: ikan asin, kerupuk ikan, teri nasi, terasi, dan lainnya. Pemasaran selama ini hanya di wilayah desa dan sekitarnya.
Berdasarkan hasil pengukuran dengan metode Teknometrik bahwa aspek berhubungan dengan kemampuan manajerial dan melakukan aliansi serta kerjasama secara kolaboratif belum dianggap potensial dalam meningkatkan daya saing usaha. 

“Lebih lanjut hal ini dapat menjadi peluang untuk membangun suatu sentra atau klaster sebagai upaya penguatan usaha bagi IKM Agroindustri”, seperti yang diungkapkan oleh Ketua Tim, Dr. Ir. Novi Marlyana, ST, MT, IPU.
Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Sultan Agung, yang terdiri atas Novi Marlyana dan Brav Deva Bernadhi, ST, MT, tergerak memberikan pelatihan mengenai konsep Sentra Unggulan Produk Hasil Laut bagi ibu-ibu pelaku IKM Agroindustri di Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak Selasa (14/12/2021). 

Diharapkan melalui Sentra Unggulan Produk Hasil Laut ini mampu menarik konsumen lebih luas dari luar wilayah desa, mampu memperkuat daya saing bagi IKM dan akhirnya meningkatkan taraf perekonomian masyarakat desa.(Tik).

0 Response to "Dosen Teknik Industri Unissula Ajak Pelaku IKM Agroindustri di Kabupaten Demak Untuk Membangun Sentra Unggulan Produk Hasil Laut"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel