-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

FKPPI Jember Bentuk Tim Menggugah Hari Jadi Jember

Jember, lintasone.com - Hari jadi Jember di peringati  setiap 1 Januari ironisnya hingga saat ini belum ada dasar hukum atau Perda terkait penetapan Hari Jadi Jember.  Karena itulah GM FKPPI 1324 Jember membentuk Tim Menggugah Hari Jadi Jember  dan melakukan Conferensi Pers , Selasa ( 29/3/2022).

Tim Menggugah Hari Jadi Jember ini, di ketuai  oleh Ria Sukariadi dan  Setyo Hadi atau akrab dipanggil Yopi  sebagai  Sekretaris serta  Kusmanto sebagai Bendahara dengan  melibatkan pihak  akademisi , yaitu Dr. Retno  Winarni, Dr. Agustina, dan bidang  hukum ada 3 lawyer juga dari pegiat sejarah.

"GM.FKPPI Jember  mendorong membentuk tim untuk menggugah, stake holder, masyarakat tentang perlunya Perda Hari Jadi Kabupaten Jember." Terang Ria Sukariadi.

Lebih lanjut, setelah pers rilis ini, nanti  akan berkirim surat ke Bupati, tembusan ke Komandan Kodim Jember, Kapolres Jember, DPRD Jember dan Bappekab. Memohon agar segera merumuskan Perda Hari Jadi Jember.

"Kami sangat berharap , Tim Menggugah Hari Jadi Jember  dari  FKPPI ini di panggil oleh Bupati untuk dimintai keterangan. Karena kalau  ada  komunikasi secara langsung dengan Bupati agar lebih jelas maksud dan tujuan dari menggugah hari jadi Jember ini" Papar Ria Sukariadi.
Betapa pentingnya Perda Hari Jadi, lanjut Ria, selama belum ada perda hari jadi,  maka setiap instansi yang menggelar hari jadi Jember serba timbul keragu- raguan, bagaimnana penggunaan anggaran, bisa menyalahi aturan apa tidak.

"Semua merayakan hari jadi Jember, 1 Januari sementara masih belum ada dasar hukumnya. Karena itu, agar tidak terjadi tradisi  kesalahan dari hal kecil dalam penggunaan anggaran, perlu  dibuatkan payung hukumnya. Ini yang terpenting." Ungkapnya.

Harapan  kedua, ujar Ria, dengan  hari jadi Jember  mengedepankan nilai- nilai yang menjadi jati diri masyarakat Jember. Seperti halnya nilai, patriotisme, nasionalisme., heroisme. Ini sangat penting.

"Dalam catatan sejarah, wilayah Jawa bagian ujung timur ini, baru menyerah kepada belanda pada tahun 1772, yang lainnya sudah ditundukkan, tinggal wilayah ujung timur ini, bisa jadi  termasuk Jember. Baru ditaklukan setelah kalahnya perang Bayu. Setelah takkuknya  Bayu dan beberapa  pejuang  lari ke Nusa Barong untuk mempertahankjan penalukan dari Belanda, Ini merupakan  sejarah yang punya nilai heroisme yang mesti  kita banggakan sebagai masyarakat bahwa  kita benar- benar bertahan, anti  Belanda, menolak  penjajahan  Belanda sampai tahun 1772 setelah kalahnya perang Bayu." Imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan  dialog dan diskusi yang berjalan dengan dinamis karena sejarah hari jadi Jember ini memang perlu di gali lagi karena Kabupaten  Jember ini  sudah ada dan berkembang sejak jaman penjajahan Belanda.
Acara ini di hadiri Ketua GM FKPPI 1324 Jember,  Bambang Sugihono, Spd, HM. Nanang mantan Kades Seruni Jenggawah yang juga anggota senior FKPPI dan  beberapa wartawan.

Menurut Yopi yang juga Sekretaris Tim, terkait itu bahwa tidak ada dasar hukum tentang hari jadi,  kita bisa melihat yang berada di wilayah negara Indonesia yaitu misalnya setiap setiap hari  jadi, itu ada  Perda hari jadi seperti Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi,  hampir 90% di Pulau Jawa yang  hari jadinya itu Perda sedangkan yang tidak ada perdanya minimal Perbup adalah Jember.  
"Ini terbukti pada waktu FGD di Radar tahun 2014- 2015, ada klipingnya, pernyataan dari Kabag hukum, pernyataan dari Kepala Bakesbang pada waktu itu,  tidak ada satupun yang menjadikan tanggal 1 Januari itu sebagai hari jadi, Perda, Perbup maupun keputusan apapun, yang dijadikan dasar itu adalah Stanblads 322 tahun 1928, pelaksanaan tehnisnya tanggal  1 Januari 1929 itu yang dijadikan dasar. Itu menjadi tradisi sejak jaman Pak Samsul atau sebelumnya, menjadi tradisi sampai sekarang, kalau tradisi  itu dikembangkan kita akan terjebak, umur Jember kog muda padahal bangunan kuno, contohnya stasion 1893, KA sudah ada sebelumnya, Societed sudah ada." Ujarnya.( herry).

0 Response to "FKPPI Jember Bentuk Tim Menggugah Hari Jadi Jember"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel