-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Mahasiswa Unissula Mendapatkan Bekal IT literasi

WhatsApp Image 2023-03-29 at 12.07.53

Semarang, lintasone.com - Unissula memberikan bekal kepada mahasiswa dengan IT literasi. Hal ini bertujuan untuk membentengi mahasiswa dari penyalahgunaan media sosial.

 “Unissula itu visinya yaitu membangun generasi khaira ummah. Kita memiliki mata kuliah IT literasi. Disana kita sisipkan satu materi tentang etika dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam bermedia sosial, terutama di bulan Ramadhan ini,” jelas Wakil Rektor III Unissula dalam siaran Nikmat Ramadhan TVRI Jawa Tengah, Selasa (29/3/2023).

Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD menekankan agar tujuan Ramadhan yaitu menjadi orang yang bertaqwa bisa tercapai. Sayangnya sebagian dari orang yang berpuasa hanya mendapat lapar dan dahaga. “Karena mereka masih berkata dusta, atau berbicara yang sia-sia, atau berbuat maksiat atau yang tidak bermanfaat. Termasuk saat ini di media sosial kaum muda yang ketika mendapatkan berita tanpa cek dan ricek langsung berkomentar dan share, tanpa tahu kebenarannya,” jelasnya.

Sehingga menurutnya, Ramadhan sebagai bulan introspeksi diri. “Maka di bulan Ramadhan ini sebagai bulan yang kita berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah, meningkatkan pahala. Maka mari kita introspeksi diri, termasuk dalam kebiasaan kita di media sosial,” lanjutnya.

Qomaruddin juga menyebut dalam bermedia sosial ada dua peraturan, tertulis dan tidak tertulis. Peraturan tertulis diantaranya UU ITE, atau di dunia pendidikan peraturan untuk menghindari plagiarisme. “Sedang untuk yang tidak tertulis ada yang namanya network ethic, yaitu tata norma yang harus kita ikuti. Sebagai seorang muslim atau yang hidup di Indonesia harus paham kalau tidak boleh mengejek, misalnya karena bermedia sosial itu sebagaimana kita menjaga lisan,” pungkasnya.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "Mahasiswa Unissula Mendapatkan Bekal IT literasi"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel