-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Relawan Bencana Jember Beda Dengan Kabupaten Lain

Jember, Apel Siaga Kebencanaan oleh Pemkab Jember dipimpin oleh Bupati Jember diikuti  komunitas relawan bencana sekabupaten Jember, Kamis (20/1/2022).

"Apel kebencanaan, potensi relawan Kabupaten Jember ini tampaknya luar biasa dan hari ini kita coba untuk sinkronisasikan dan nantinya bisa berkolaborasi untuk menangani semua permasalahan baik yang muncul secara bersamaan maupun sendiri- sendiri." Terang Sigit Akbari, Kepala BPBD Jember.
Jumlah relawan ada  ribuan,  tapi yang hadir dalam apel ini  perwakilan  dari berbagai  komunitas relawan. 

"Relawan  Mandiri ada,  relawan yang berkelompok itu juga ada, relawan yang berkelompok   itupun dibedakan, ada yang mereka Siap dengan fisik ada yang siap dengan dananya ada yang siap dua-duanya ini.  bermacam-macam ini tentunya kita berharap bisa menyatu  sehingga fokus apabila ada kegiatan kebecanaan  bisa bagi tugas dengan baik,  tidak saling tumpang tindih, tidak saling menyalahkan dan lain sebagainya.  Itu tujuannya hari ini kita bisa kumpul." Paparnya.

Komunikasi selama ini sudah jalan dengan baik, tapi memang seharusnya ada peningkatan kapasitas mereka sebagai relawan yang dilakukan secara periodik.
Untuk Jember, lanjut Sigit, berbeda dengan kabupaten tetangga, hal ini setelah berkunjung  ke  Lumajang, Banyuwangi, Situbondo dan  Bondowoso, tidak seperti di Jember. 

"Kerja berat untuk BPBD-nya Tapi di Jember,  kita kumpulkan saat ini saja,  ini saja perwakilan 1 relawan tertentu hanya kita ngundang 5 orang ya  karena Prokes,  ini luar biasa, padahal  mereka ini dari pucuk gunung dari pelosok-pelosok tertentu, garda  terdepan apabila mereka ada permasalahan bencana karena mereka memang tinggal di situ." Imbuhnya.

Relawan Jember muncul dari bawah, dari masyarakat. "Ini bukan relawan bentukan tapi relawan yang muncul kemudian membentuk organisasi sehingga yang utama jiwa sosial mereka, saya buktikan dengan jarak yang cukup jauh mereka muncul semua. Memang, pekerjaan mereka berat luar biasa menyelamatkan orang dalam kebencanaan, tidak ada yang bayar." Pungkasnya. ( herry)

0 Response to "Relawan Bencana Jember Beda Dengan Kabupaten Lain"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel