-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Stop Stunting, Pemkab Jember Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting

Jember, lintasone.com - Tingginya angka Stunting,  mendapat perhatian khusus dari Pemerintah, termasuk Pemkab Jember, Kamis 20 Januari 2022, telah dilaksanakan penanganan yang dilakukan secara cepat dan tepat dengan  membentuk Tim Perceparan Penurunan Stunting  (TPPS) Kabupaten Jember. 

"Upaya percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Jember,  kita mengacu pada Peraturan Kepala BKKBN nasional  Nomor 12 Tahun 2021, dimana BKKBN itu dipegangi amanat sebagai ketua pelaksana. Kemarin kita  pembahasan di Bappekab untuk TPPS Jember ." Terang Josias Anto B, SE Kabid KB KS Dinas Pemberdayaan Perempuan,  Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana ( DP3AKB) Kabupaten Jember yang juga Ketua Pelaksana TPPS Kabupaten Jember.

Berdasarkan itu, kata Anto lebih lanjut,  maka nantinya di Kabupaten Jember itu akan dibentuk  Tim Percepatan Penurunan Stunting ( TPPS ) Kabupaten Jember." Itu langkah awal kita,  sekarang ini, setelah itu nanti kita akan membentuk TPPS atau Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kecamatan nanti ada juga TPPS Tingkat Desa." Papar Antok.
Keberadaan TPPS mulai dari Kabupaten, Kecamatan dan  Desa atau Kelurahan  menjadi satu kesatuan memperkuat konvergensi penurunan stunting di Kabupaten Jember. 

Langkah awal, pihaknya membentuk tim dari kecamatan hingga desa atau kelurahan dan seluruh elemen yang ada di pemerintahan dan masyarakat untuk ikut dalam pencegahan stunting.

"Kami berharap seluruh elemen yang ada, seluruh sumber daya yang ada, baik sumber daya pemerintahan, perguruan tinggi , akademisi ataupun pihak swasta, masyarakat  kita berharap bersama-sama  kita laksanakan operasional pencegahan stunting di Kabupaten Jember. " ungkapnya.

Saat ini , pihaknya intensif  melakukan  pembahasan   TPPS  agar  segera terbentuk. "Sekarang ini, kita masih membahas dalam dua, tiga hari ini  sudah bisa di bentuk kemudian segera kita melangkah  ke TPPS  Kecamatan lalu ke TPPS tingkat Desa karena stunting  tidak bisa ditunda,  harus cepat , kita laksanakan sesuai  arahan dari Kepala BKKBN Nasional, diharapkan  bulan Januari TPPS sudah terbentuk." Tegasnya.

Terkait tugas TPPS,  secara keseluruhan tetapi memang proporsi pencegahan saat ini  lebih besar karena kita berharap tidak ada stunting baru.

"Untuk yang Stunting ditangani agar tidak lebih berat lagi,  kami juga berharap tim pendamping keluarga nantinya yang menyebar di  248 Desa/ Kelurahan  se Kabupaten Jember ini bisa mendampingi keluarga yang diperkirakan beresiko Stunting , kita Berikan pemahaman terkait dengan pola asuh , kemudian kecukupannya itu apa, nanti  tim  pendamping keluarga yang  dapat menjembatani  juga memfasilitasi kebutuhannya apa, tinggal bayi-bayi yang sudah tidak kategori stunting ini  tidak menjadi beban stunting , pada intinya Stop Stunting." Pungkasnya. ( herry)

0 Response to "Stop Stunting, Pemkab Jember Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting "

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel