-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

" STOK SEMBAKO " Kabupaten Malang Aman Dan Harga STABIL Menjelang Bulan RAMADHAN

MALANG LintasOne.com - Satgas Pangan Kabupaten Malang mengadakan Rapat Koordinasi di Ruang anantahira Satreskrim yang langsung di pimpin Kasat Reskrim, yang kemudian dilanjutkan pengecekan pasar di sejumlah pasar tradisional, untuk melihat ketersediaan dan harga sembako menjelang bulan Ramadhan 2023.

Kasatgas Pangan Kabupaten Malang, Iptu Wahyu Riski Saputro menemukan beberapa kenaikan harga sembako di tingkatan pedagang pasar. Seperti komoditas daging ayam dan cabai, sedangkan lainya stabil.
"Namun, kenaikan harga itu mayoritas tidak terlalu signifikan. Kecuali cabai," ungkapnya saat  di Pasar Kepanjen, Senin (20/3/2023).

Diketahui, untuk daging ayam mengalami kenaikan harga, dari Rp 29 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram karena memang menjelang ramadhan permintaan meningkat. Sedangkan untuk Daging Sapi tetap harga 110 ribu rupiah.

Sementara harga cabai rawit mengalami kenaikan mencapai 75 ribu per kilogram. Wahyu menduga hal itu karena minimnya produksi cabai rawit di tingkatan petani, akibat musim penghujan.
Meski begitu, Wahyu memastikan ketersediaan stok cabai di Kabupaten Malang masih aman hingga bulan Ramadhan.

"Kami bersama Dinas Perdagangan Kabupaten Malang akan terus berupaya berkoordinasi, untuk memastikan sembako tidak mengalami kelangkaan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi membenarkan bahwa berdasarkan hasil koordinasinya dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang, melonjaknya harga cabai akibat adanya gagal panen di tingkatan petani.
"Lonjakan harga cabai ini serentak terjadi di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

Diperkirakan, pada April mendatang akan ada panen raya petani cabai di kawasan Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dengan luasan tertentu.

Mahila memperkirakan hasil panen raya itu dapat memasok stok cabai tidak hanya di Kabupaten Malang, bahkan sampai ke luar daerah.

"Kami harap panen raya itu nantinya mampu mengendalikan harga cabai di pasaran. Khususnya di Kabupaten Malang," pungkasnya.

Salah satu pedagang pasar Kepanjen, Hobar mengatakan naiknya harga cabai hingga Rp 80 ribu perkilogram itu terjadi sejak 10 hari terakhir.

"Sebelumnya Rp 50 ribu perkilogram. Naiknya signifikan, dibanding bulan yang sama di tahun lalu, harganya berkisar Rp 12 ribu per kilogram," jelasnya.

Disamping itu banyak harga yang mengalami penurunan diantaranya Beras yang turun antara 100 rupiah s.d 300 rupiah, sedangkan bawang merah dan bawang putih harga Stabil.

"Bahwa di Kabupaten Malang stok cukup dan harga stabil, sehingga masyarakat untuk tenang, menghadapi bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, Kami mengharapkan kepada masyarakat yang mengetahui penimbunan sembako silahkan informasikan kepada Kami" pungkas Kasat Reskrim yang di dampingi Kanit 3 Tipidsus Iptu Choirul.

0 Response to "" STOK SEMBAKO " Kabupaten Malang Aman Dan Harga STABIL Menjelang Bulan RAMADHAN"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel