-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Bersama IFC Tokopedia dan Krealogi, Anteraja Berhasil Meningkatkan Kapasitas UMKM Melalui Pelatihan Anter UMKM Sukses di Surabaya

Surabaya, lintasone.com - Anteraja yang didukung oleh International Finance Corporation (IFC), Tokopedia, dan Krealogi (15/03) telah sukses mengadakan program pelatihan “Anter UMKM Sukses” yang menyasar kepada 108 peserta UMKM di Surabaya dan Sidoarjo. Sekitar 85% peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah pengusaha wanita, mengingat program ini dirancang untuk memastikan keikutsertaan para pelaku UMKM wanita yang umumnya menghadapi tantangan ekstra dalam memperoleh akses pelatihan dan permodalan.

Anter UMKM Sukses: Pemberdayaan UMKM Indonesia oleh Anteraja. Menurut survey awal yang telah dilakukan kepada para peserta pelatihan UMKM, menunjukkan bahwa saat ini kesulitan dalam mengelola keuangan dan memasarkan produk adalah dua kendala terbesar yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM. Untuk itu, program “Anter UMKM Sukses” dilengkapi dengan modul pelatihan dan sesi coaching intensif yang mencakup topik manajemen keuangan dan pemasaran produk untuk membantu para pelaku UMKM mengatasi kendala tersebut. 

Program “Anter UMKM Sukses”, yang resmi diluncurkan pada 20 Januari 2023, dan telah selesai menyelenggarakan rangkaian kegiatan pelatihannya pada 21 Februari 2023. Pelaksanaan program ini  terbagi atas 2 sesi, yaitu:
● Pelatihan manajemen usaha dengan 12 modul terkait rantai pasok usaha, inovasi, hingga kesiapan mental dalam mengembangkan usaha.
● Sesi coaching intensif untuk membantu para peserta menghadapi kendala utama dalam menjalankan bisnis, terutama terkait manajemen keuangan dan pemasaran.

Dampak Positif. "Berdasarkan survey yang dilakukan kepada para peserta setelah pelatihan, program “Anter UMKM Sukses” telah berhasil memberikan dampak dan perubahan positif bagi para peserta UMKM, di antaranya:
● Peningkatan pengetahuan/pemahaman mengenai manajemen usaha sebesar 42%
● 72% peserta telah memanfaatkan aplikasi digital untuk mengoptimalkan pengelolaan pengiriman produk
● 70% peserta telah mulai memasarkan produk melalui online marketplace
● 84% peserta telah mampu menggunakan berbagai aplikasi digital yang bermanfaat bagi pelaku usaha, meliputi aplikasi Zoom meeting, media sosial, dan aplikasi catat usaha digital.

Ary Istiningtyas Rini pemilik usaha Christie bergerak di bidang kriya, menyatakan kegembiraannya atas keikutsertaan dalam pelatihan Anter UMKM Sukses
“Sebagai pengusaha wanita yang usianya sudah lebih dari 50 Tahun, selama pelatihan saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat di era serba digitalisasi ini. Saya sebelumnya kurang mengerti tentang perencanaan produksi dan perhitungan HPP, dan itu semua diajarkan oleh anak-anak muda yang visioner ini secara mendetail.

”Penutupan Program
Program pelatihan Anter UMKM Sukses resmi usai pada tanggal 14 Maret 2023. Agenda penutupan program yang dilaksanakan di Surabaya ini juga sekaligus memberikan kesempatan kepada para peserta pelatihan untuk memperluas jaringan dan berkonsultasi langsung dengan lembaga keuangan, distributor atau vendor pengiriman, instansi legal sesama para pelaku UMKM, dan potensi partner bisnis lainnya.
“Penggunaan teknologi digital akan semakin menentukan partisipasi dan keberhasilan ekonomi bagi sektor UMKM di Indonesia yang jumlahnya sudah lebih dari 60 juta. Penting juga agar pelaku usaha UMKM perempuan yang memiliki jumlah signifikan di sektor.

UMKM, untuk tidak tertinggal,” kata Isabel Chatterton, Direktur Industri Regional IFC untuk Infrastruktur, Asia dan Pasifik. “Program pelatihan Anter UMKM Sukses merupakan platform inovatif untuk mempromosikan inklusivitas pasar dan membekali pengusaha, terutama perempuan, dengan perangkat dan pengetahuan untuk memperluas bisnis mereka dan menjadi bagian dari pertumbuhan digital Indonesia.

”Hanna Keraf selaku Direktur Komunitas dan Kemitraan Krealogi menyampaikan kebanggaannya atas kolaborasi yang telah dilakukan dalam program ini,“Program AnterUMKM Sukses dirancang untuk mendukung pelaku UMKM agar dapat belajar ilmu teknis dan memanfaatkan jasa yang disediakan oleh mitra-mitra Program Anter UMKM Sukses, seperti pengiriman, pengemasan, perencanaan produksi, penentuan harga, hingga pemasaran. Krealogi bangga menjadi bagian dari kerjasama denganAnteraja, IFC dan Tokopedia untuk mendukung UMKM Indonesia bisa berdaya dan menjadi penopang kekuatan ekonomi Indonesia. Hanya dengan bekerja bersama, kita dapat menyiapkan ekosistem yang enabling bagi pelaku UMKM di Indonesia.

"Aditia Grasio Nelwan selaku Public Affairs Senior Lead Tokopedia pun menyampaikan apresiasi atas komitmen semua pihak penyelenggara dalam pelaksanaan program pelatihan ini. “Kami sangat mengapresiasi semua mitra strategis yang memiliki kesamaan semangat dengan Tokopedia untuk membantu tumbuh kembang pelaku UMKM melalui program ‘Anter UMKM Sukses’. 

Kami berharap ilmu yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM, khususnya perempuan, sehingga bisa mewujudkan transformasi digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Lebih lanjut sebagai pihak penyelenggara, Anteraja menyampaikan kebanggaannya akan capaian yang diperoleh para peserta pelatihan “Selamat kepada seluruh peserta telah berhasil menyelesaikan serangkaian program pelatihan. Anteraja bangga dapat turut andil dalam hasil perkembangan yang diperoleh para peserta. Kami harap dengan berakhirnya program Anter UMKM Sukses ini, bukan berarti proses pembelajaran terhenti 

sampai di sini. Anteraja berambisi untuk meneruskan program pelatihan serupa ke area-area lain, untuk terus mendampingi dan mengembangkan potensi UMKM di Indonesia.” pesan Suyanto Tjoeng selaku CEO Anteraja pada acara penutupan Anter UMKM Sukses.

Dengan usainya program pelatihan Anter UMKM Sukses, hal ini tak menghambat Anteraja, IFC, Tokopedia dan Krealogi untuk senantiasa mendukung pelaku UMKM di Indonesia. Para peserta program ini juga akan bergabung dalam ekosistem komunitas Krealogi, di mana pendampingan berkelanjutan akan terus membersamai para peserta UMKM dalam pengembangan usahanya.

Tentang Anteraja
Anteraja adalah perusahaan berbasis teknologi yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Merupakan bagian dari perusahaan Triputra Grup, Anteraja berdiri sejak tahun 2019 dan mulai beroperasi pada tahun yang sama di bulan Maret. Pelayanan Anteraja sudah tersedia lebih dari 90% di Indonesia.
Dalam menjalankan bisnisnya, Anteraja terus melakukan optimalisasi layanan dalam bentuk inovasi dan digitalisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan khususnya UMKM di Indonesia. Pada tahun 2022, Anteraja meluncurkan opsi pembayaran digital dalam layanan Payment on Delivery (PayOD) untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembayaran langsung saat paket sampai. Disamping itu, Anteraja juga baru saja menyempurnakan platform Aplikasi dengan merilis layanan asuransi pengiriman. Langkah ini diambil untuk menjamin keamanan produk, memberikan perlindungan atas kerusakan pada saat proses pengiriman paket. Saat ini Anteraja menyediakan layanan penjemputan gratis dan memiliki lebih dari 1.500 titik drop off di seluruh Indonesia.

Tentang IFC
IFC—anggota dari Kelompok Bank Dunia—merupakan lembaga pembangunan global terbesar dengan fokus pada sektor swasta di pasar negara berkembang. Kami bekerja di lebih dari 100 negara, dengan memanfaatkan modal, keahlian, dan pengaruh kami untuk menciptakan pasar dan peluang di negara berkembang. Pada tahun fiskal 2022, kami menginvestasikan US$32.8 miliar pada perusahaan swasta dan lembaga keuangan di negara berkembang, memanfaatkan kekuatan sektor swasta untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem dan meningkatkan kesejahteraan bersama di saat perekonomian berjuang menghadapi dampak dari krisis global yang semakin parah. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ifc.org.

Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem.

dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Tentang Krealogi: Revolusi Digital UMKM Indonesia
 Pada era yang serba digital, masyarakat pun dituntut untuk dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian maju setiap harinya. Hal ini juga berlaku bagi para pelaku UMKM di Indonesia agar bisnis mereka tetap dapat bersaing di pasar. Oleh karena itu, hadirnya aplikasi Krealogi diharapkan dapat membantu digitalisasi rantai pasok UMKM. Demi mewujudkan misinya untuk merevolusi UMKM secara digital, Krealogi tidak hanya menghadirkan aplikasi untuk membantu manajemen rantai pasok UMKM. Lebih dari itu, Krealogi juga turut terlibat dalam program pengembangan kapasitas UMKM melalui adanya pelatihan, lokakarya, serta konsultasi yang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM.

Contact details
Mutiara Zulfa (0812-3992-5205)
zulfa.krealogi@gmail.com 

Sumber : Gretia Emellie
Redaksi ; ziz

0 Response to "Bersama IFC Tokopedia dan Krealogi, Anteraja Berhasil Meningkatkan Kapasitas UMKM Melalui Pelatihan Anter UMKM Sukses di Surabaya "

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel