-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Forkopimda Lumajang Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2023

Lumajang ,  www.lintasone.com -Wakapolres Lumajang, Kompol I Komang Yuwandi Sastra, S.H., S.I.K mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-Alun Lumajang, Kamis (1/6/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Lumajang Thoriqul Haq, M.ML, dan dihadiri unsur Forkopimda dan jajaran Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya Bupati Lumajang Thoriqul Haq, M.ML menyampaikan, pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada.

"sekaligus sebagai “bintang penuntun”(leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," jelasnya.

Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hatibangsa Indonesia," terang Cak Thoriq saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Bupati mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian Kita

"Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang," ucapnya.

Sementara itu, Wakapolres Lumajang Kompol I Komang Yuwandi Sastra menyampaikan, Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, ini mengambil tema  "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Seperti diketahui penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Harlah Pancasila baru dimulai pada masa kepresidenan Joko Widodo. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, 1 Juni pun ditetapkan sebagai peringatan nasional Hari Lahir Pancasila.

"Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara,” pungkasnya.

Reporter : Atman.

0 Response to "Forkopimda Lumajang Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2023"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel