-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Ketua prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unissula Raih Gelar Doktor

(1) Dr Rina

Semarang, lintasone.com - Ketua prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unissula raih gelar doktor di Program Studi S3 Ilmu Farmasi UGM Yogyakarta. Di depan para promotor apt Rina Wijayanti MSc berhasil mempertahankan disertasi dengan judul isolasi dan identifikasi senyawa aktif sebagai agen fertilitas dari buah parijoto (medinilla speciosa blume) pada tikus jantan galur sprague dawley sebagai model. Tim promotor meliputi Prof Dr Subagus Wahyuono Apt, Dr Ika Puspita Sari MSi Apt, dan Prof Dr dr Dicky M Rizal MKes Sp And, Kamis (31/08/2023).

Ia menjelaskan infertilitas merupakan suatu masalah klinis yang sering ditemukan dalam rumah tangga. “Infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mendapatkan kehamilan secara alamiah setelah selama 1 tahun menjalani hubungan seksual tanpa kontrasepsi. Diperkirakan sebanyak 85-90% pasangan yang sehat akan mendapat pembuahan dalam 1 tahun,” ungkapnya.

Disamping itu buah Parijoto merupakan tanaman yang digunakan masyarakat untuk meningkatkan kesuburan. “Namun bukti ilmiah mengenai isolasi senyawa aktif sebagai agen fertilitas pada buah parijoto (Medinilla speciosa Blume) belum pernah dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak metanol, serta fraksi n-heksan, fraksi methanol, dan isolat buah parijoto (Medinilla speciosa Blume) sebagai agen fertilitas pada tikus jantan galur SD sebagai model, serta diketahui isolat senyawa aktif sebagai agen fertilitas yang terkandung pada buah parijoto (Medinilla speciosa Blume),” jelasnya.

Dari hasil penelitiannya tersebut menunjukkan kandungan buah parijoto mampu meningkatkan kadar hormon testosteron, LH, FSH, kualitas dan kuantitas dan kualitas sperma. “Ekstrak metanol, fraksi n-heksan, fraksi metanol buah parijoto, serta isolat buah parijoto juga mampu meningkatkan kadar hormone testosteron secara invitro,” pungkasnya.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.


0 Response to "Ketua prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unissula Raih Gelar Doktor "

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel